Jumat, 09 Desember 2011

tips redakan ketegangan mata di depan komputer

Jumat, 09 Desember 2011
young_man_with_laptop video hebbboooooohhhhh,,,  download disini



Bekerja dengan komputer selama berjam-jam  telah menjadi keseharian banyak orang, tidak terkecuali para entrepreneur yang sibuk. Tidak heran jika banyak orang yang mengeluhkan tentang dampak negatif penggunaan komputer dalam waktu yang lama bagi kesehatan tubuh, terutama mata. Sayangnya penggunaan komputer tidak bisa dihindari sama sekali. Untuk menjaga agar mata kita tidak terlalu lelah, kita bisa menyiasati dengan sejumlah kiat berikut ini.

Kurangi tingkat kecerahan dan kontras
Apa yang Anda rasakan saat harus menatap lampu kendaraan yang terang benderang di malam hari secara terus menerus? Silau dan membuat lelah mata kita bukan? Hal yang sama juga terjadi pada mata kita yang menatap layar komputer.  Saat menatap layar, mata kita seperti menantang sebuah sumber cahaya.

Untuk meminimalisir kelelahan mata, sebaiknya sesuaikan tingkat kecerahan layar komputer yang Anda gunakan sehingga nyaman di mata. Namun, jika mata Anda masih terasa lelah, kering dan kabur, kemungkinan Anda menderita IRLEN. IRLEN bukan hanya sebuah kelainan membaca. Ini merupakan suatu gangguan mata yang memiliki kepekaan lebih tinggi akibat overstimulasi pada syaraf penglihatan.

Usahakan untuk tidak menggunakan komputer di sebuah ruangan atau kondisi yang gelap atau remang-remang. Nyalakan lampu atau cari tempat yang lebih terang untuk meredakan ketegangan mata.
Berkedip sesering mungkin
Sebuah kesalahan yang dilakukan banyak orang ialah menatap layar komputer dan lupa berkedip sesering mungkin. Dengan berkedip, permukaan bola mata menjadi lembab dan kelembaban membantu meredakan ketegangan mata. Berkedip dengan frekuensi yang lebih sering memang lebih sulit daripada berkedip dengan frekuensi normal tetapi ini bisa dilakukan dengan sengaja sepanjang Anda menggunakan komputer. Mata masih terasa kering meski telah berkedip sesering mungkin? Konsultasikan dengan dokter mata Anda. Dokter akan memberikan Anda obat tetes mata yang berfungsi untuk membuat mata Anda lebih lembab dan rileks.

Gunakan lapisan pelindung di layar
Dapatkan sebuah lapisan pelindung yang bisa direkatkan di atas layar Anda. Lapisan pelindung ini berupa sebuah lembaran tipis yang berfungsi untuk mengurangi pantulan cahaya ke mata.

Tempatkan layar sejajar dengan mata
Saat layar komputer tidak sejajar dengan pandangan mata, otot mata Anda akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk menunduk (jika terlalu rendah) atau mendongak (jika terlalu tinggi). Anda bisa meletakkan layar PC desktop Anda sejajar dengan pandangan mata dan menempatkan keyboard di posisi yang senyaman mungkin. Namun, penempatan layar yang nyaman dan sejajar pandangan mata  lebih sulit diterapkan untuk laptop atau netbook yang memiliki keyboard yang menyatu dengan layar. Namun, jika memungkinkan, Anda bisa membeli sebuah keyboard terpisah sehingga layar bisa disejajarkan dengan pandangan mata Anda.

Jeda sesering mungkin
Jika Anda harus bekerja di depan komputer selama berjam-jam, lakukan jeda setiap 15 menit dan alihkan pikiran ke hal lain. Bangkit dari kursi Anda, dan berjalan untuk lakukan kegiatan lain. Lihatlah objek di jarak jauh sehingga lensa mata Anda akan kembali rileks setelah tegang selama menggunakan komputer. Atau pejamkan mata Anda selama beberapa saat. Gunakan alarm untuk mengingatkan Anda kapan waktunya harus beristirahat dan kembali bekerja.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 

Join Me

Copyright © pengobatan secara herbal | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog