Jumat, 09 Desember 2011

cara membuat otak sehat

Jumat, 09 Desember 2011
Meskipun belum ditemukan makanan yang sepenuhnya efektif membuat orang cerdas, memilih makanan dengan pintar bisa menjadi langkah pertama bagi Anda sebagai entrepreneur agar bisa melakukan tugas berpikir sehari-hari dengan efisien karena seperti yang telah diketahui, aktivitas seorang entrepreneur penuh dengan kegiatan mental yang kompleks.

Berikut adalah beberapa langkah praktis demi meningkatkan kemampuan berpikir Anda.
1. Makan dengan sehatUntuk memastikan kebutuhan gizi otak kita terpenuhi dengan baik agar bisa bekerja optimal, usahakan untuk selalu makan dengan bijak dan sehat. Makanlah secara bervariasi. Lahap sejumlah makanan alami (yang belum banyak diolah/ diproses)  termasuk beberapa sumber protein yang bagus, banyak buah dan sayur mayur, biji-bijian utuh, kacang, ikan, dan sumber-sumber lemak sehat lainnya.

2. Jangan berpikir dengan perut kosongSeperti telah banyak diketahui, anak-anak yang dikeahui terbiasa sarapan pagi akan mampu berkonsentrasi dan belajar dengan lebih baik dibanding rekan-rekannya yang tidak sarapan. Meskipun dampaknya tidak senyata pada anak-anak, orang dewasa juga bisa sulit menyelesaikan pekerjaan dengan perut kosong. Bukan berarti Anda harus terus melahap makanan sepanjang hari tanpa putus, tetapi Anda bisa memakan lima porsi kecil makanan sepanjang hari daripada tiga porsi dengan jumlah yang besar sehari.

3. Hindari makan besar dan makanan tinggi gulaDengan mengkonsumsi terlalu banyak gula, fungsi mental kita lebih lamban dari sebelumnya. Efek yang sama akan terjadi setelah kita makan dalam jumlah besar. Bagaimana mensiasatinya? Makanlah dengan jumlah makanan yang lebih kecil. Jenis makanan juga mayoritas harus mengandung protein dan karbohidrat yang terbakar lebih lambat seperti biji-bijian utuh dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi kafein secara bijak

Meskipun tidak menambah kecerdasan, kafein jika dikonsumsi dalam jumlah kecil (dalam secangkir teh atau kopi) bisa meningkatkan kewaspadaan otak dan menggenjot fungsi otak selama beberapa jam. Namun, tentu jangan sampai terlalu banyak. Kafein juga sebaiknya dihindari saat malam hari agar tidak mengganggu jam tidur.

5. Istirahat teratur

Meskipun tidak secara langsung berkenaan dengan  nutrisi, patut disadari bahwa tidur malam yang teratur dan berolahraga secara teratur dan terukur akan bersinergi dengan konsumsi nutrisi untuk mendukung fungsi otak yang sehat. (*/Bisnis)


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 

Join Me

Copyright © pengobatan secara herbal | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog