Jumat, 09 Desember 2011

manfaat bawang putih

Jumat, 09 Desember 2011

Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu untuk menambah rasa makanan. Tetapi, bawang putih juga sangat baik bagi kesehatan. Makanan satu ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berfungsi untuk melawan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah serta membantu melawan flu.

bawang_putih89Khasiat bawang putih dalam mengatasi penyakit bukanlah hal yang baru. Catatan Sansekerta menunjukkan, bawang putih sudah digunakan sebagai obat di India sejak 5.000 tahun lalu, sedangkan sistem pengobatan China sudah menggunakan bawang putih sejak 3.000 tahun yang lalu.

Kandungan apa yang membuat bawang putih sangat berkhasiat? Menurut para ilmuwan, kandungan allicin dalam bawang putih merupakan alasan mengapa makanan satu ini sangat baik bagi kesehatan. Allicin merupakan komponen yang mengandung sulfur. Zat ini merupakan sumber dari rasa dan wangi yang tajam dari bawang putih. Zat ini akan keluar jika bawang putih dikunyah, dipotong atau dihaluskan.

Penelitian-penelitian modern telah memusatkan perhatian mengenai manfaat bawang putih dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta melindungi dari serangan stroke dan penyakit jantung. Hasil review Journal of the Royal College of Physicians terhadap data kolesterol tahun 1993 menunjukkan bahwa partisipan mengalami pengurangan kadar kolesterol sebesar 12% setelah 4 minggu mengkonsumsi bawang putih.

Para ilmuwan juga telah meneliti peran bawang putih dalam mencegah pengentalan darah. Hasil review studi-studi yang dipublikasikan di the Journal of Hypertension menunjukkan, konsumsi tablet bawang putih menurunkan tekanan darah partisipan sebesar 1-5%. Penulis studi, seperti yang dikutip situs ivillage, menyimpulkan bahwa menggunakan suplemen bawang putih bisa mengurangi insiden stroke hingga 30-40% dan mengurangi penyakit jantung hingga 20-25%.

Selain menjaga kesehatan jantung, konsumsi bawang putih secara teratur juga bisa membantu tubuh melawan infeksi. Hal ini karena bawang putih juga mengandung properti anti bakteri.

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi suplemen bawang putih harian bisa mengurangi serangan flu hingga 50%. Selain itu, peneliti juga menemukan, walaupun mereka yang mengkonsumsi suplemen terserang flu, waktu pemulihannya akan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan.

Jika belum cukup, tambahkan 1 siung bawang putih setiap harinya. satu siung bawang putih saja akan menambah persediaan vitamin dan mineral tubuh seperti vitamin A, B dan C, selenium, iodine, kalium, besi, kalsium, seng, dan magnesium.

Penelitian mengenai manfaat bawang ini terus berlanjut. Beberapa ilmuwan sudah menemukan bukti bahwa bawang putih bisa membantu melawan kanker lambung. Hal ini didasari akan manfaat allicin dalam mencegah perubahan-perubahan yang bersifat kanker di dinding lambung.

Saat digunakan dalam bumbu masakan, haluskan atau potonglah bawang putih. Kemudian biarkan selama 10 menit sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Dengan begitu, allicin sudah terbentuk sempurna sebelum dimasukkan ke masakan. Selanjutnya, masukkan bawang putih 5 menit sebelum siap memasak. Dengan begitu, panasnya sudah cukup untuk mengubah allicin menjadi komponen yang aktif secara medis.

Bawang putih berinteraksi dengan antikoagulan seperti walfarin. Jadi, jika Anda sedang menggunakan obat-obat pengencer darah atau aspirin, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen. Ada baiknya juga tidak mengkonsumsi suplemen bawang putih 2 minggu sebelum operasi. hal ini karena suplemen akan mengganggu pengentalan darah dan meningkatkan risiko perdarahan.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 

Join Me

Copyright © pengobatan secara herbal | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog