Jumat, 09 Desember 2011

makanan pembersih racun

Jumat, 09 Desember 2011

toxic_foodKita telah lama menganggap racun sebagai zat penyebab penuaan dini. Racun itu biasanya berupa polutan seperti bahan pencemar udara atau zat kimia buatan dalam makanan olahan atau kudapan dalam kemasan. Bahan-bahan inilah yang kita biasa sebut sebagai zat racun yang membuat tubuh kita menua lebih cepat. Hal ini terjadi saat Anda menjejali tubuh Anda dengan zat-zat racun, liver/ hati Anda akan bekerja sangat keras dalam mengeluarkan sampah tersebut. Lama kelamaan, beban kerja yang berlebihan ini akan menyebabkan sistem pembuangan zat racun menjadi lebih cepat aus.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mengenyahkan racun-racun ini dari tubuh? Pertama dan yang utama tentu adalah dengan sebisa mungkin menghindarinya. Jika memang tidak bisa menghindari, tidak ada jalan lain kecuali bantu sistem pembuangan Anda bekerja lebih efektif dalam melakukan tugasnya. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk membantu liver Anda bekerja lebih efektif dalam membuang zat-zat racun:

* Pastikan asupan vitamin B12, B6, C dan E serta folat cukup. Sistem detoksifikasi alami tubuh akan bekerja lebih maksimal dengan bantuan vitamin-vitamin tersebut.

* Makan banyak sayuran hijau seperti brokoli, kol, bayam, rumput laut dan lainnya. Sayuran jenis ini mampu memberi bantuan terhadap liver dalam pemecahan zat-zat racun dengan membantu menghasilkan enzim-enzim detoksifikasi.

* Taburkan biji wijen pada makanan: Tambahkan biji wijen di atas salad, ikan, sayuran, kudapan, omelet, dan sebagainya. Biji wijen diyakini memiliki kemampuan untuk melindungi liver dari kerusakan akibat alkohol dan bahan kimia lain.

* Gunakan bawang putih dengan bebas: Bawang putih mengaktifkan enzim-enzim dalam liver yang mendukung sistem penyaringan zat racun. Selain liver, bawang putih juga sangat berguna dalam menunjang kesehatan jantung.

*) disarikan dari realage.com


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 

Join Me

Copyright © pengobatan secara herbal | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog